Jumat, 05 Desember 2014

The Truth..

Beberapa minggu yang lalu gue job stand up di salah satu sekolah negeri Jakarta, trus pihak sekolahnya minta waktu gue sebentar buat ditanya ama jurnalistik sekolahnya. Ngga sering gue dimintain kayak gini, dan hampir semuanya menanyakan pertanyaan ini:

"Kenapa kak GE ikut Stand Up Comedy?"
dan jawaban gue selalu:


"Karena gue suka bikin orang ketawa"
Masalahnya, alasan kenapa gue masuk Stand up comedy bukanlah itu semata. Tapi gue terpaksa ngomong gitu, soalnya ribet gila kalo gue jelasin secara detail. Alasannya, se-simple:
"Gue gak ada pilihan lain"

Dari kecil gue selalu bercita-cita jadi Menteri Luar Negeri. Kuliah di UNPAR jurusan Hubungan Internasional (yang paling bagus se-Indonesia, FYI), dan ngambil skripsi tentang "Keterbatasan Kekuatan TNI-AL Dalam Menjaga Selat Malaka Terhadap Illegal Fishing" (HAZZEEEKKK)..
Tapi ditengah-tengah perkuliahan gue mulai pesimis soal "apakah gue pengen terjun ke politik?" dan akhirnya, gue ngerjain kuliah setengah-setengah. Lalu, ketemu hobi baru, yaitu Tarung Derajat. Gue mencintai Tarung Derajat, dan bertekad pengen jadi atlet tarung. Tapi, one thing led to another, badan gue gak sanggup menerima latihan yang cukup intens (soalnya temen-temen gue manusia setengah dewa. Asli deh, latiannya gila, sedangkan berat badan gue paling ringan waktu itu). Akhirnya gue cedera, dan harapan gue menjadi atlet pun pupus.

Ketika saat itu, gue baru menyadari…



Temen-temen seangkatan udah hampir pada lulus semua,
rekan-rekan petarung udah ikutan PORDA
… gue ngapain?

Gak punya temen dan kegiatan, kehidupan gue menjadi "sunyi". Gue menghabiskan hari gue dengan di kosan, mengerjakan skripsi dengan setengah hati, keluar kosan cuman kalo mau makan. Gak ada hobi, gak ada kesenangan, bahkan yang lebih parah gak ada jadwal latihan Tarung Derajat atau futsal bareng temen-temen lagi.


Sampai pada akhirnya temen-temen gue yang merupakan junior gue (iya, soalnya temen-temen  deket yang seangkatan udah pada lulus, dasar sahabat bangsat kagak nungguin gue biar lulus bareng) ngajak gue untuk pergi keluar.


Joey: "Ge, cabut yuk.."

Gue: "Kemana?"
Joey: "BoberCafe, di Jalan Riau.."
Gue: "Hah? Ngapain? Makan di sana? Gue gak ada duiiit.."
Cahyo: "Yaelah, udah ikutan aja biar seru. Sekalian nontonin Yoka, dia mau Stand Up Comedy!!"

Gue menaikkan alis sebelah, bingung, apa itu Stand Up Comedy. Gue gak familiar dengan kegiatan itu. Akhirnya gue ikut, dan disana ketemu beberapa temen gue lagi; Jiwa, Lion, Hendro, Yoka, dan Deka (iyaa, junior juga, PUAS???).



Dan itulah hari pertama, 
gue ngeliat dan mengenal Stand Up Comedy pertama kalinya.

Malam itu semua orang mengeluarkan usahanya dalam humor, namun hanya beberapa yang berhasil. Usaha para komika menjadi semakin berat, terutama ketika Mongol Stres yang openmic pada malam itu "membunuh" panggung, LUCU BANGET!

Tapi, tujuan gue kesitu bukanlah nontonin komika. Tujuan gue adalah, ngeliat orang yang paling lucu seangkatan 2007 FISIP UNPAR, untuk tampil di panggung Stand Up Comedy; Yoka!!

Dan saat yang ditunggu-tunggu datang. MC malam itu, Tomy Malewa, memanggil nama Yoka untuk naik ke atas panggung. Orang yang kelakuan serta celetukannya selalu mengundang tawa gue, akhirnya naik ke atas panggung. Dan dia memulai bit pertamanya, keduanya, ketiga, seterusnya……


TAPI KAGAK ADA YANG KETAWA!!! 
HANJJEEEEEEEEEEENGGGG


Kami sekawanan pada shock! Yoka turun panggung, kami langsung mencoba untuk menghibur Yoka yang tengah kaget, sedih, dan mencoba untuk meminum cairan lilin yang ada di atas meja (engga, bohong ini). Ya mau gimana lagi coba, orang paling lucu yang gue kenal, melempar lawakan-lawakannya namun penonton hanya terdiam. Bukannya ngelucu dia malah kayak khotbah, penonton pada khusyuk dengerin. 

Nah, pas tujuan gue udah selesai, gue pengen pulang, tiba-tiba pelayan datang membawa makanan. 

Pelayan: "Chicken Curry nya, sama Ice Lemon Tea."
Gue: "Uuuh, A'.. Kayaknya salah, saya gak mesen makan.." *gerakan tengah mengambil dompet, pengen nunjukkin isinya ke pelayan, mau ngasih tau 'gue miskin, Mas. Gak mungkin beli disini'*
Hendro: "Makan aja, Ge. Gue yang traktir kok, soalnya lo mau ikut cabut ama kita, nontonin Yoka.."

Sebagai anak kosan, dan senior yang ditinggal oleh kerabatnya, gue merasa terharu. Gue dikasih makan oleh orang lain, yang dulu waktu masih MABA gue kerjain. Tetes air mata hampir terjatuh dari mata gue, tapi gue tahan…... Gue gak mau, Chicken Curry gue jadi asin.

Lalu gue makan dengan lahapnya. Setelah selesai, gue ngobrol dan ketawa-ketawa. Seiring berjalannya waktu, tiba-tiba…

MC: "Dan untuk menutup acara kita hari ini, mari kita sambut komika terakhir kita, yang akan openmic untuk pertama kalinya, GENRIFINADI PAMUNGKAS!!"
Gue: "….. ha?"
Hendro: "Nah, lo udah makan. Udah seger kan? Udah punya tenaga? Dah, sekarang buat bayar 'utang' lo, naik gih.."


BAJJJJIIINNGGAAAANNNN!!!
DASAR LELAKI SUNDAL, GUE DIJEBAKKK!!!!!

Gue: "Ah tai ah, serius lo.."
Hendro: "Serius gue. Ini anak-anak ngajak lo, lo kira buat apa?"
Gue: "ANAK-ANAK??? LO PADA KOMPAKAN SEMUA??? GUE NGOMONG APAAN, ANJEENG?!"
Hendro: "Iya lah, soalnya kalo lo diminta dari awal pasti gak mau ikut. Yaudah, mendingan jebak aja.."
Gue: "AASSHHHUUUUU!!! Gak mau ah, ogah-ogah!!"
Hendro: "Oh, yaudah.. Bayar gih kalo gitu, makanan barusan. 50 ribuan kalo gak salah.."
Gue: "….. Se… Sebentar, gue telfon nyokap dulu, minta transfer duit!"
Hendro: "Yaelah.. Gak nyangka.. Anak Tarung Derajat, tapi banci."
Joey: "Kecewa gue ama lo, kok banci sih."
Lion: "Aaah, cupu.. Banciii."
Cahyo: "B-A-N-C-I"
Deka: "Yook, Yook.. Yokaa!"
Yoka: *masih berusaha minum cairan lilin* (engga-engga, becanda)
Hendro: "Yaudah, pulang deh.. Asal tau aja, si Ge ternyata Ban--"
Gue: "FAK DIS SYIET!!! GUE NAIK!!!" 

Dan akhirnya gue naik panggung. Tanpa persiapan apapun, menghadapi sorot mata penonton yang seolah mengatakan:


"ampe garing awas lo.."
"yaelah, gak ada tampang pelawak gini.."
 "I love you.. Gak peduli kalo kita sejenis, BUT I LOVE YOU"
*abaikan yang terakhir*

Tapi gue mikir "yaudahlah yaa, cuman sekali ini aja". Dan gue akhirnya, untuk pertama kali, memulai stand up. Menceritakan apa yang gue kesalkan dalam masa lalu pacaran gue yang selalu apes..


Dan penonton pun tertawa.
Sangat, amat, tertawa.


Rasanya gila, gak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Senang, bangga, kaget, pokoknya banyak emosi yang gue rasakan dan acak-acakan. Setelah itu Tomy Malewa, selaku perwakilan dari @StandUpIndoBandung, meminta akun twitter gue, dan sejak itu gue disuruh dateng setiap hari Minggu untuk openmic. 

Dari sini gue kenal banyak orang dan teman baru, menggantikan teman-teman gue yang telah lulus dan sibuk dengan kegiatannya masing-masing.
Gue menemukan apa yang awalnya menjadi "hal yang akan gue lakukan sekali aja" berubah menjadi "hal yang ingin gue lakukan berkali-kali".
Gue menemukan ilmu, tantangan, yang setiap gue mempelajarinya gue semakin penasaran akan misteri dibalik kesenian ini. 


Dan inilah, alasan kenapa gue ikut Stand Up Comedy.
Bukan karena ketenaran, 
bukan supaya masuk TV, 
tapi karena gue menemukan apa yang telah "hilang" dari hidup gue.


Jadi udah jelas kan, alasan kenapa gue memilih dunia ini? Alasan kenapa gue tetap menulis, dan berada dalam dunia ini?
Karena gak ada pilihan lagi.
Karena kalo gue gak melakukan ini, gue terpaksa harus "mencari" lagi.
Dan gue, sudah sangat cinta, dengan dunia ini.

So it's not about"Fight Or Flee", it's about "Do Or Die". Kalo gue males nulis, maka gue "mati".



Dedicated to my Heroes:
Rick Joseph Halomoan Pasaribu
Cahyo Sugiharto
Celestinus "Asu" Hendra
Iyonk "Lion" Manalu
Daniel Karim
Yoka Brahma Putra
Jiwa maaf-gue-lupa-nama-panjang-lo

21 komentar:

  1. keren bang. terus berkarya!!! . AWESOME ABISSSS!!!!!!!!!

    BalasHapus
  2. bagus kak ge, kenapa nggak masuk aja di sucy biar di liat org di tv.. (haha bercanda masalanya sy td makan lilin)

    BalasHapus
  3. ahhhh,,,, aku suka sama abang ge.. tapi gak ge kan *seriuss

    BalasHapus
  4. Berkarya terus bang Ge!!!

    BalasHapus
  5. Mereka sampe ngejebak? Berarti sebenernya mereka tau lu berbakat, bang. Terus berkaryaa! :)

    BalasHapus
  6. HUAHAHAHAHAHAHAHAHANJIR KEREEENN!!! Ngakak abis.
    Walaupun udah sering denger cerita ini pas lo stand up, tapi bener-bener tau sampai sedetail ini, baru setelah baca tulisan ini. Keep writing on this blog, please.
    Anywaaaaaayyy, ceritain juga doonng gimana akhirnya lo bisa nyelesain skripsi, lulus, wisuda, dan dapet NILAI APAAA??

    -Sincerely, Mahasiswi yang 8 Desember Sidang Skripsi.

    BalasHapus
  7. Paraaahhlah dijebak haha gimana tuh kelanjutan skripsinya?? Ko ga diceritain bang :D

    BalasHapus
  8. Hmmm, kalo begitu, mari kita bikin special..!!!

    BalasHapus
  9. Ajip dah........ terus menghibur dengan karya-karya lo Bang Ge, seperti apa yang dikata Bang Ari, ayo bikin stand-up-special!! Ayo bang Ge Ayo!! Ayo!! Gak ada pilihan lain kan? Do or die? Hayolo!!

    BalasHapus
  10. Bang ga pengen dibikin film gitu kaya raditya dika?

    BalasHapus
  11. Keren.. bener2 mengINSPIRASI.
    Gue baca di Wikipedia, acara SUCI2 itu mulainya taun 2012.. sedangkan saat ini, awal 2016, telah lewat film bioskop yang salah satu pemainnya adalah Ge Pamungkas; NEGERI VAN ORANGE, yang syutingnya di Belanda. Itu berarti Ge Pamungkas udah GO INTERNASIONAL! Asli keren.
    Tapi kalo diliat lebih dalem lagi, kisahnya cenderung bisa dibilang "mungkin udah jalannya memang harus kaya gitu".. apalagi dengan adanya kalimat "ga ada pilihan lain".
    Disamping "perjalanan susah - senang dan pahit - manis"nya Ge Pamungkas di dunia Stand Up, sampe bisa GO INTERNASIONAL dan punya kontrak sitkom sendiri di NET TV, bisa dibilang ini memang udah garis rejekinya Tuhan kali ya :D

    BalasHapus
  12. TRADING ONLINE TERPERCAYA
    Ini dia, Broker Trading yang Transaksi Aman dan Proses Cepat
    HASHTAG OPTION merupakan platform trading Binary Option berbasis di Indonesia.
    Kami menawarkan produk-produk Cryptocurrency & Forex.

    yuk gabung yukkk visit link nya www.hashtagoption.com
    Minimal DP Rp. 50.000,- dapat BONUS Depo awal 10%** T&C
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT

    Ada BONUS REFERRAL juga lohhh...
    Bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover....

    Kami juga menyediakan AKUN DEMO untuk Trader HASHTAG OPTION yang ingin berlatih, sampai kamu benar-benar bisa menuju AKUN REAL

    BalasHapus
  13. keren banget artikel nya,cocok juga buat materi stand up mah ??
    jika ingin membutuhkan hijab buat pacar klik link disini..https://www.bukalapak.com/products?utf8=%E2%9C%93&source=navbar&from=omnisearch&search_source=omnisearch_organic&search%5Bhashtag%5D=&search%5Bkeywords%5D=nonithamrin

    BalasHapus